Realita yang Harus Dihadapi Setelah Wisuda

Ilustrasu wisuda. Sumber Surya Malang - Tribunnews.com Skmamanat.com - Wisuda merupakan momen yang sangat ditunggu. Setelah berjuang me...


Ilustrasu wisuda. Sumber Surya Malang - Tribunnews.com

Skmamanat.com - Wisuda merupakan momen yang sangat ditunggu. Setelah berjuang menghadapi waktu panjang mengerjakan skripsi. Mulai dari berhadapan dengan dosen pembimbing, serta proses revisi berkali-kali. Wisuda tentunya menjadi saat yang menggembirakan.

Namun, tanpa kalian sadari, wisuda bukan berarti akhir dari perjalanan hidup kalian. Setelah mendapat gelar sarjana, kalian mulai menapaki langkah awal menuju dunia yang sebenarnya.
Jika sebelumnya kalian masih berpangku tangan pada orang tua, maka setelah wisuda kalian harus bisa berpegang pada diri kalian sendiri.

Selain itu, beberapa realita yang harus kalian hadapi usai wisuda bisa kalian simak sebagai berikut:

1. Rencana apa yang akan kamu lakukan setelah wisuda
 
Apakah kalian sudah menentukan langkah ke depan setelah lulus dari bangku kuliah? Mungkin saat kecil, kalian dengan mudah menjawab apa cita-cita kalian saat dewasa nanti. Namun, berbeda saat kalian menghadapi kenyataan setelah memasuki masa akhir kuliah.

Jika tak memiliki bakat atau minat dalam bidang tertentu, pasti sulit menentukan bagaimana langkah yang akan ditempuh setelah wisuda. Akankah melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau lebih memilih untuk menjajaki dunia kerja?

2. ‎Perpisahan dengan teman kuliahmu

 
Masa perkuliahan memang penuh dengan suka dan duka. Banyak pengalaman berharga yang tak kalian temukan sebelumnya, salah satunya pengalaman yang kalian lalui bersama teman.

Setelah sekian lama menjalani cerita menarik masa kuliah bersama teman kalian, wisuda akan menjadi momen yang mengharukan ketika harus berpisah dengan mereka.

3. Kamu harus mencari ilmu lebih banyak lagi
 
Setelah menempuh masa perkuliahan, jangan pernah merasa puas dengan ilmu pengetahuan yang kalian telah dapatkan.  Karena, setelah wisuda kalian akan dihadapkan dengan segala proses kehidupan yang masih panjang. Ilmu yang kalian dapatkan di bangku kuliah tak akan cukup untuk membekali kalian menghadapi dunia yang begitu luas. Jadi, tetaplah mencari ilmu walaupun kalian telah mendapat gelar sarjana.

4. ‎Mempersiapkan pasangan yang akan kalian kenalkan kepada orang tua
 
Nah, ketika wisuda tiba, tak dapat dipungkiri bahwa usia kalian juga sudah memasuki usia cukup untuk menikah. Jadi, jangan kaget kalau sudah lulus kuliah, pertanyaan sudah siapkah untuk menikah akan mendatangi kalian, ya?

Tapi, pikirkan matang-matang pilihanmu untuk menikah atau melanjutkan pendidikan. Jangan terlalu khawatir, jika kalian lebih memilih untuk tak memiliki pasangan hingga benar-benar siap. Tak ada salahnya mulai persiapkan diri kalian merencanakan agenda di masa depan, kan? Yuk, pikirkan langkah yang akan kalian lakukan setelah wisuda.

Penulis: Atika Ishmatul Ummah

COMMENTS

Name

Aneka Jaya,1,Artikel,13,feature,9,fotografi,1,indepth,6,laporan,28,Lifestyle,3,Mahasiswa Kemalingan,1,ORSENIK 2017 UIN Walisongo,22,PBAK 2017,25,Profil UKM UIN Walisongo,15,Ramadan,3,sastra,13,Sastra budaya,1,sosok,8,UIN Walisongo,3,USIM,1,varia kampus,315,warta mahasiswa,1,
ltr
item
skmamanat.com: Realita yang Harus Dihadapi Setelah Wisuda
Realita yang Harus Dihadapi Setelah Wisuda
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiiWBoVbT5IWm-RI-Nm4z50BTtXcAVrEqPPWqbNZYrHb8JSHyKL_NBiRgY5Qu0WQ1U_iq8uYTbgYGQfuHXq-pj_ApP38m5NwToLFz7o3unyYUoUFQOZ0k1vqvVxPexojtWgp2ZoH3fTrWQ/s640/Surya+Malang+-+Tribunnews.com.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiiWBoVbT5IWm-RI-Nm4z50BTtXcAVrEqPPWqbNZYrHb8JSHyKL_NBiRgY5Qu0WQ1U_iq8uYTbgYGQfuHXq-pj_ApP38m5NwToLFz7o3unyYUoUFQOZ0k1vqvVxPexojtWgp2ZoH3fTrWQ/s72-c/Surya+Malang+-+Tribunnews.com.jpg
skmamanat.com
http://skmamanat.blogspot.com/2018/03/realita-yang-harus-dihadapi-setelah.html
http://skmamanat.blogspot.com/
http://skmamanat.blogspot.com/
http://skmamanat.blogspot.com/2018/03/realita-yang-harus-dihadapi-setelah.html
true
933386080041432110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy