Ini Filosofi Toga yang Harus Wisudawan Tahu

Ilustrasi mahasiswi memakai toga. Sumber: auramuslim.com Skmamanat.com - Toga merupakan salah satu perlengkapan wajib saat wisuda. Pr...

Ilustrasi mahasiswi memakai toga. Sumber: auramuslim.com


Skmamanat.com - Toga merupakan salah satu perlengkapan wajib saat wisuda. Proses untuk bisa memakai toga tak mudah. Kamu harus berjuang bertahun-tahun melalui masa kuliah agar kamu bisa memakainya dengan bangga saat wisuda.

Tentunya kamu sudah tak asing dengan bentuk toga. Tapi, di balik bentuk toga yang biasa kamu lihat tersebut, ternyata memiliki makna tersendiri. Nah kamu harus tahu apa arti dari toga yang akan kamu pakai saat wisuda nanti.

Sebagaimana dikutip dari laman inovasee.com, berikut makna toga wisuda:

1. Warna hitam yang berati kegelapan

Seperti yang sering kita lihat, toga identik dengan warna hitam. Tapi apa sebenarnya arti di balik warna hitam? Warna hitam melambangkan keagungan. Selain itu, warna hitam mempunyai kesan misterius dan juga gelap yang jelas.

Warna hitam pada toga yang berarti misteri dan kegelapan inilah yang harus dikalahkan oleh seorang sarjana. Dengan ilmu pengetahuan yang selama ini didapatkan pada masa kuliah, seorang sarjana diharapkan dapat menyibak kegelapan.

2. Topi persegi yang artinya sudut pandang

Apakah kalian pernah bertanya kenapa topi wisuda harus persegi? Nah, ternyata sudut-sudut pada topi ini dimaksudkan agar mahasiswa yang telah memakainya, dituntut untuk berpikir secara rasional. Tidak hanya itu, topi toga juga berarti seorang sarjana harus memandang sesuatu dari berbagai sudut pandang. Jangan sampai setelah lulus dari perguruan tinggi, tapi pikiran dan perbuatannya  masih saja sempit dan labil.

3. Maksud pemindahan tali toga dari kiri ke kanan

Pada saat puncak acara wisuda, umumnya sarjana dipanggil satu persatu untuk maju ke depan. Kemudian tali pada topi toga akan dipindah oleh Rektor dari kiri ke kanan.

Ternyata pemindahan tali pada topi toga diibaratkan sebagai otak. Awalnya di sebelah kiri karena pada saat kuliah, mahasiswa menggunakan otak kiri yang berhubungan materi, bahasa, dan juga hafalan. Ketika wisuda, tali dipindah ke kanan dengan harapan sarjana lebih menggunakan otak kanan yang berhubungan dengan daya imajinasi, kreativitas dan juga inovasi.

Seorang sarjana, diharapkan bisa membuka lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri dan orang lain dengan bekal kreativitas, imajinasi dan juga inovasi.

Tidak hanya menggunakan otak kiri saja yang pada dasarnya hanya materi dan masih mengandalkan perkerjaan pada orang lain. Selain itu tali toga juga diibaratkan sebagai simbol pita pembatas buku. Pembatas akan dipindahkan saat membuka lembaran buku yang baru. Ini diartikan sebagai seorang sarjana hendaknya terus belajar dan menambah wawasan walaupun sudah lulus dan wisuda sehingga ilmunya berkembang.

Penulis: Rima Dian Pramesti

COMMENTS

Name

Aneka Jaya,1,Artikel,13,feature,9,fotografi,1,indepth,6,laporan,28,Lifestyle,3,Mahasiswa Kemalingan,1,ORSENIK 2017 UIN Walisongo,22,PBAK 2017,25,Profil UKM UIN Walisongo,15,Ramadan,3,sastra,13,Sastra budaya,1,sosok,8,UIN Walisongo,3,USIM,1,varia kampus,315,warta mahasiswa,1,
ltr
item
skmamanat.com: Ini Filosofi Toga yang Harus Wisudawan Tahu
Ini Filosofi Toga yang Harus Wisudawan Tahu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKP5QROPnjYoYU01YGnf98dhF2UC-ZAWQqz9G7NoKaYbeFSS3YNFy9l4ujb-ugpKp9m5GEDNgy7nvP3iE5Zt_T3wX99ZmFexXp0kXYtp3Pev0ooQ__y5ewOhHIFHmGFoWg-dfrYlymT7s0/s640/toga+wisuda+2.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKP5QROPnjYoYU01YGnf98dhF2UC-ZAWQqz9G7NoKaYbeFSS3YNFy9l4ujb-ugpKp9m5GEDNgy7nvP3iE5Zt_T3wX99ZmFexXp0kXYtp3Pev0ooQ__y5ewOhHIFHmGFoWg-dfrYlymT7s0/s72-c/toga+wisuda+2.png
skmamanat.com
http://skmamanat.blogspot.com/2018/03/ini-filosofi-toga-yang-harus-wisudawan.html
http://skmamanat.blogspot.com/
http://skmamanat.blogspot.com/
http://skmamanat.blogspot.com/2018/03/ini-filosofi-toga-yang-harus-wisudawan.html
true
933386080041432110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy