Sempat Merasa Salah Jurusan, Haris Fauzi Raih Wisudawan Terbaik Fuhum

Muhammad Haris Fauzi, wisudawan terbaik Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (Fuhum) bersama keluarga, Rabu (7/3/2018) Skmamanat.com - Kal...

Muhammad Haris Fauzi, wisudawan terbaik Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (Fuhum) bersama keluarga, Rabu (7/3/2018)
Skmamanat.com - Kalau sudah terjebur ke dalam air maka harus keluar membawa tangkapan ikan, jangan hanya kotor dan basahnya saja yang di dapat.

Begitulah perumpamaan yang digunakan Muhammad Haris Fauzi untuk  memotivasi dirinya setelah sempat merasa salah mengambil jurusan. Kini, ia menjadi wisudawan terbaik di Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (Fuhum), Rabu (7/3/2018).

Putra dari pasangan Ahmad Muthohar dan Masriah itu awalnya ingin mengambil jurusan Bahasa Inggris di UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Namun, Haris tidak mendapat restu orang tua, ia disarankan mendaftar prodi Tafsir dan Hadist (TH) yang kini menjadi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) di UIN Walisongo, Semarang.

Meski terpaksa, ia akhirnya mengikuti permintaan orangtuanya itu.

"Saya milih ke sini (Prodi Tafsir dan Hadist), walaupun tidak suka," ujarnya.

Tak ingin larut dalam kesedihan itu, laki-laki kelahiran Grobogan itu mencoba menenangkan hati  dan memotivasi diri dengan banyak membaca cerita-cerita sahabat Nabi dan banyak berkonsultasi dengan teman seniornya yang sudah sukses. Terlebih nasehat orangtua yang selalu menguatkan pilihannya tersebut. Hingga ia berkeyakinan jurusan hanyalah perantara, minat dan bakat bisa di kembangkan dari sisi lain.

"Salah jurusan itu hanya persepsi, karena omongan orang lain. Maka kita harus memiliki prinsip yang kokoh," katanya.

Penunjang Sukses

Selama menjalani kuliah, Haris selalu melibatkan orangtua dalam mengambil keputusan besar dalam hidup, terlebih Ibu. Menurutnya, ketika sesorang tidak mendapatkan restu dari orangtuanya dalam mengambil keputusan, pasti akan mengalami kegagalan di dalamnya.

"Ridho ibu itu nanti akan mempengaruhi hasil usahamu," tutur pemuda kelahiran 24 November 1994 itu.

Juga, lanjutnya, ketika dihinggapi rasa malas dan down dalam menjalani hiruk-pikuk kuliah, Haris selalu mengingat besarnya usaha orangtua untuk mengantarkannya ke bangku perkuliahan.

Haris selalu meyimpan foto keluarga di dalam dompet miliknya. Sesekali foto itu dilihat untuk kembali menumbuhkan  semangat belajar dan menangkal rasa malas.

Selain itu, Haris juga mencari teman diskusi dan banyak membaca buku, serta belajar melalui website yang terpercaya untuk meningkatkan kemampuannya. Baginya, orang yang berhenti membaca buku dan tidak mau menerima kritik lewat diskusi merupakan orang yang stagnan dalam kebodohan.

Tak lupa, peraih beasiswa prestasi rutin itu terus berusaha memperbaiki hubungan spiritualnya dengan Allah, salah satunya banyak membaca Alquran dengan meresapi isi kandungannya. Menurutnya, hal itu sangat banyak membantu memberi jalan dan memperbaiki motivasi dalam menjalani perkuliahan serta kehidupan. Namun Haris menyayangkan, kini rutinitas itu banyak dikesampingkan mahasiswa.

Pelajaran Berharga

Semasa kuliah, mahasiswa Program Khusus (PK) Fuhum itu memiliki kenangan yang tidak terlupakan. Ia pernah diusir oleh dosen karena terlambat 15 menit. Meskipun sempat kesal, dari situ ia belajar bahwa waktu sangatlah bermakna walau hanya sedetik. Ia juga belajar menghargai ikhtiar orang lain. 

Haris belajar untuk terus menghargai proses, karena ia meyakini tidak ada yang instan di dunia ini. Alumni Madrasah Aliyah (MA) Tajul Ulum Brabo itu percaya hasil tidak akan pernah mengkhianati proses, maka ia terus berusaha mengasah dan mempertajam kemampuan untuk memahami dan mendalami jurusan yang digelutinya.

"Berproseslah dimana saja, namanya mahluk hidup harus bergerak dan menebar kebaikan. Karena jika ia terdiam sama aja seperti raga tanpa ruh," pungkasnya.

Reporter: Riduwan 
Editor: Atika Ishmatul Ummah

COMMENTS

Name

Aneka Jaya,1,Artikel,13,feature,9,fotografi,1,indepth,6,laporan,28,Lifestyle,3,Mahasiswa Kemalingan,1,ORSENIK 2017 UIN Walisongo,22,PBAK 2017,25,Profil UKM UIN Walisongo,15,Ramadan,3,sastra,13,Sastra budaya,1,sosok,8,UIN Walisongo,3,USIM,1,varia kampus,315,warta mahasiswa,1,
ltr
item
skmamanat.com: Sempat Merasa Salah Jurusan, Haris Fauzi Raih Wisudawan Terbaik Fuhum
Sempat Merasa Salah Jurusan, Haris Fauzi Raih Wisudawan Terbaik Fuhum
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1b6VJpQQEu8l_-RLuKgJXDcA7202onKNXV5MbsNbyEYp_wrMuYiNsaTdai93EuJM4WNfszRWBvKQAiUJzeuDFwTtqpbNDyJUUseeKBmJiGx5B0gEfQ_8TZuJRuwhs60M27_CSWL3NIp0B/s640/IMG_1524.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1b6VJpQQEu8l_-RLuKgJXDcA7202onKNXV5MbsNbyEYp_wrMuYiNsaTdai93EuJM4WNfszRWBvKQAiUJzeuDFwTtqpbNDyJUUseeKBmJiGx5B0gEfQ_8TZuJRuwhs60M27_CSWL3NIp0B/s72-c/IMG_1524.JPG
skmamanat.com
http://skmamanat.blogspot.com/2018/03/sempat-merasa-salah-jurusan-haris-fauzi.html
http://skmamanat.blogspot.com/
http://skmamanat.blogspot.com/
http://skmamanat.blogspot.com/2018/03/sempat-merasa-salah-jurusan-haris-fauzi.html
true
933386080041432110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy