Penjelasan Wakil Dekan I FSH Terkait Wisudawan Ber-IPK 3,94 yang Tak Disebut Saat Wisuda

Wakil Dekan I Fakultas Syariah dan Hukum Sahidin. (Sumber: elsaonline.com ) Skmamanat.com – Prosesi Wisuda Program Sarjana ke-72 UIN Wal...

Wakil Dekan I Fakultas Syariah dan Hukum Sahidin. (Sumber: elsaonline.com)
Skmamanat.com – Prosesi Wisuda Program Sarjana ke-72 UIN Walisongo telah usai. Dalam acara yang diselenggarakan di Auditorium II itu juga disebutkan wisudawan terbaik tingkat universitas maupun fakultas.

Baca juga: UIN Walisongo Lepas 968 Wisudawan

Namun seusai acara, foto Lutfi Nur Fadilah mendadak viral di status whatsapp mahasiswa UIN Walisongo. Lutfi adalah mahasiswi yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,94 yang sama persis dengan wisudawan terbaik UIN Walisongo, Nadea Lathifah Nugraheni. Mereka merupakan mahasiswi dari Fakultas Syariah dan Hukum (FSH).

Di foto yang viral tersebut bernada menyayangkan Lutfi yang tidak disebut dalam acara wisuda. Padahal ia memiliki IPK tinggi.

Di dalam foto tertulis ‘Lutfi Nur Fadhilah adalah pemilik IPK 3,94 yang nilainya sama dengan wisudawan terbaik UIN WS, dan saat perhelatan kemarin namanya satu kalipun tidak tersebut’.

Status viral di kalangan mahasiswa UIN Walisongo
 Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kelembagaan FSH Sahidin menjelaskan, semua telah diukur dan dipertimbangkan dengan matang. Penetapan wisudawan terbaik dengan IPK yang sama bukan kali ini saja.

Keputusan ini telah melewati rapat Dekan dan Kepala Jurusan di lingkungan FSH.

“Semuanya sudah melalui proses, kami juga membandingkan dari IPK, tahun masuk, dan nilai skripsi. Ternyata  semuanya sama," jelasnya.

Pihak fakultas kemudian membandingkan dengan faktor-faktor lainnya, seperti bahasa skripsi, umur, dan organisasi yang digeluti wisudawan.

"Akhirnya dibandingkan lagi bahasa skripsinya, ternyata punya Nadea menggunakan bahasa Inggris, sedangkan Lutfi menggunakan bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, kita juga membandingkan diranah organisasi," ungkap Sahidin.

Nadea juga mendapatkan predikat skripsi terbaik oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo.

Tak hanya itu, Sahidin juga menambahkan, umur juga mempengaruhi dalam proses penentuan wisudawan terbaik. Saat di cek kembali ternyata umur Nadea lebih muda dari Lutfi.

“Jadi tidak ada kekeliruan dalam menentukan kebijakan ini,” kata Sahidin.

Sementara itu, Lutfi tidak pernah mempermasalahkan keputusan ini. Baginya gelar wisudawan terbaik itu hanya saat ceremony semata. Ia lebih berharap ilmu yang di dapat selama kuliah di UIN Walisongo bermanfaat baginya dan orang banyak.

Lutfi paham betul, pihak fakultas telah mempertimbangkan matang-matang terkain wisudawan terbaik.

“Saya sih enggak masalah, hanya teman-teman dekat yang tahu IPK saya sama dengan Nadea dan meluapkan perasaan mereka lewat status-status Whatsapp," ujarnya.

Mahasiswi asal Bojonegoro ini juga mengungkapkan bahwa niatnya kuliah untuk mencari ilmu. Tidak untuk mengejar IPK tinggi.

Ditanya soal respon orang tua tentang hal ini, Lutfi mengatakan tidak masalah.

“Orang tua saya tahu tentang ini, tapi beliau tidak mempermasalahkannya, yang penting bagi beliau adalah prestasi anaknya baik," ujar Lutfi.


Reporter: Afifah Kamaliyah
Editor: Khanif Maghfiroh

COMMENTS

Name

Aneka Jaya,1,Artikel,13,feature,9,fotografi,1,indepth,6,laporan,28,Lifestyle,3,Mahasiswa Kemalingan,1,ORSENIK 2017 UIN Walisongo,22,PBAK 2017,25,Profil UKM UIN Walisongo,15,Ramadan,3,sastra,13,Sastra budaya,1,sosok,8,UIN Walisongo,3,USIM,1,varia kampus,315,warta mahasiswa,1,
ltr
item
skmamanat.com: Penjelasan Wakil Dekan I FSH Terkait Wisudawan Ber-IPK 3,94 yang Tak Disebut Saat Wisuda
Penjelasan Wakil Dekan I FSH Terkait Wisudawan Ber-IPK 3,94 yang Tak Disebut Saat Wisuda
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhyomUBbR0sckO-vG_hyphenhyphenNBq95k_DyIZ4OgvwzI8ApwKhoJBzc-EGVvZSTufn8EfuF-jtpdEBC4pVJAIgj9y52bhSfqlnStonJ8V-UKO2vqIt4TNR741jdwWn0dNl95Z1pZUyGqH6a50baZN/s640/Pak+Sahidin.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhyomUBbR0sckO-vG_hyphenhyphenNBq95k_DyIZ4OgvwzI8ApwKhoJBzc-EGVvZSTufn8EfuF-jtpdEBC4pVJAIgj9y52bhSfqlnStonJ8V-UKO2vqIt4TNR741jdwWn0dNl95Z1pZUyGqH6a50baZN/s72-c/Pak+Sahidin.jpg
skmamanat.com
http://skmamanat.blogspot.com/2018/03/penjelasan-wakil-dekan-i-fsh-terkait.html
http://skmamanat.blogspot.com/
http://skmamanat.blogspot.com/
http://skmamanat.blogspot.com/2018/03/penjelasan-wakil-dekan-i-fsh-terkait.html
true
933386080041432110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy