Mengenal UKM An-Niswa UIN Walisongo

Anggota UKM An-Niswa UIN Walisongo foto bersama. (Instagram/an_niswa) Skmamanat.com - Kali ini skmamanat.com mengulas salah satu Unit Ke...

Anggota UKM An-Niswa UIN Walisongo foto bersama. (Instagram/an_niswa)
Skmamanat.com - Kali ini skmamanat.com mengulas salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat universitas, yakni UKM An-Niswa.

An-Niswa merupakan salah satu UKM tingkat universitas yang bergerak di bidang studi gender, studi napza (narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya), dan studi seksualitas.

UKM yang berdiri pada 16 Juni 1996 ini dilatarbelakangi oleh sekelompok kaum wanita yang merasa terdeskriminasi pada saat itu. Sehingga pada tahun 1999, An-Niswa resmi menjadi UKM tingkat institut.

An-Niswa yang merupakan kependekan dari An-Nisa Walisongo, berasal dari kata “An-Nisa” dalam bahasa Arab yang berarti perempuan. Meski begitu, saat ini tak hanya perempuan yang menjadi anggota UKM An-Niswa. Banyak juga laki-laki yang menjadi bagian dari UKM ini.

Tak hanya mengkaji seputar gender, namun kini UKM An-Nisa UIN Walisongo semakin berkembang dengan adanya divisi-divisi lain seperti kesehatan reproduksi (kespro) dan napza.

Dalam setahun terakhir ini, UKM An-Niswa UIN Walisongo telah mendapat kunjungan dari Universitas Negeri Malang pada Januari lalu. Selain kegiatan kunjungan dari kampus lain, UKM ini juga memiiki kegiatan yang menarik sesuai divisi masing-masing, antara lain.

Divisi Gender
Salah satu kegiatan devisi ini adalah mengadakan pemilihan kang mas denok UIN Walisongo dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Divisi Kespro
Berbeda  dengan divisi gender, divisi ini bertanggung jawab memperingati Hari Anti Aids Seduia yang diadakan setiap Desember.

Divisi Napza

Devisi ini rutin memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI). Selain itu juga ada kegiatan memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS).

Devisi PIK
Devisi Pusat Informasi Konseling (PIK) merupakan devisi baru yang dimiliki UKM An-Niswa UIN Walisongo. Defisi ini memberikan layanan konseling kepada mahasiswa UIN Walisongo.


An-Niswa juga sering mengikuti kegiatan di luar kampus seperti pada even hari bebas kendaraan (CFD) dengan Dance for life. Kegiatan terebut bertujuan untuk menghilangkan stigma terhadap orang-orang yang telah mengidap HIV/AIDS. An-Niswa juga mengikuti kegiatan Formans (Forum Mahasswa Anti Narkoba Semarang) yang diikuti oleh tujuh universitas, diantaranya UIN Walisongo, Undip, Unnes, Udinus, Upgris, Unimus, dan Untaq.

Bagi Anda yang berminat ikut serta dalam kegiatan-kegiatan tersebut bisa bergabung dengan UKM An-Niswa UIN Walisongo.

Penulis: Fika Eliza
Editor: M. Syafiun Najib

COMMENTS

Name

Aneka Jaya,1,Artikel,13,feature,9,fotografi,1,indepth,6,laporan,28,Lifestyle,3,Mahasiswa Kemalingan,1,ORSENIK 2017 UIN Walisongo,22,PBAK 2017,25,Profil UKM UIN Walisongo,15,Ramadan,3,sastra,13,Sastra budaya,1,sosok,8,UIN Walisongo,3,USIM,1,varia kampus,315,warta mahasiswa,1,
ltr
item
skmamanat.com: Mengenal UKM An-Niswa UIN Walisongo
Mengenal UKM An-Niswa UIN Walisongo
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOOGCDXp0eX04JcqIfKV2nLFBQsU2GxPe2h-AJI_GETKJFRIJu-H3hKcUHYBgW08fXEurM5NOkkG0OyOF0IRhvka1QafCcXLEOSqCH65CcWDA5vSsxYFk96-ZBwaWPQrIoW5DjBEj0K5Pt/s640/WhatsApp+Image+2017-08-26+at+08.30.45.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOOGCDXp0eX04JcqIfKV2nLFBQsU2GxPe2h-AJI_GETKJFRIJu-H3hKcUHYBgW08fXEurM5NOkkG0OyOF0IRhvka1QafCcXLEOSqCH65CcWDA5vSsxYFk96-ZBwaWPQrIoW5DjBEj0K5Pt/s72-c/WhatsApp+Image+2017-08-26+at+08.30.45.jpeg
skmamanat.com
http://skmamanat.blogspot.com/2017/08/mengenal-ukm-niswa-uin-walisongo.html
http://skmamanat.blogspot.com/
http://skmamanat.blogspot.com/
http://skmamanat.blogspot.com/2017/08/mengenal-ukm-niswa-uin-walisongo.html
true
933386080041432110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy