Ini Tanggapan KH.Fadlolan Soal Wacana Pembubaran HTI

KH. Fadlolan Musyaffa', Sekretaris Komisi Fatwa MUI Wilayah Jawa Tengah (doc. SKM Amanat) Skmamanat.com - Sekretaris Komisi Fatwa...

KH. Fadlolan Musyaffa', Sekretaris Komisi Fatwa MUI Wilayah Jawa Tengah (doc. SKM Amanat)

Skmamanat.com - Sekretaris Komisi Fatwa MUI Wilayah Jawa Tengah, Fadlolan Musyaffa’, kurang setuju terkait pembubaran Hidzbut Tahrir Indonesia (HTI), jika tidak memakai jalur hukum yang tepat.

“Saya bukan pendukung HTI, akan tetapi sebagai lembaga keagamaan yang secara hitam putih mereka organisasi berbadan hukum. Jadi, penyelesaiannya juga dengan hukum,” ujar Fadlolan saat ditemui Amanat di kediaman Ma’had kampus II, Rabu (10/5) .

Menurutnya, Pembubaran HTI seharusnya bisa diadili dan diputuskan di pengadilan. Tidak seharusnya setiap menteri bisa seenaknya membredel dan membubarkan suatu organisasi masyarakat (Ormas).

Fadlolan mengungkapkan, meskipun Wiranto sudah mengutarakan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas, namun ia tidak berhak secara tiba-tiba membubarkan tanpa proses hukum.

“HTI itu bagian dari Islam, kalau dibubarkan tidak berdasarkan dengan hukum maka jadi tidak menarik untuk dikaji bersama,” tuturnya.

Mantan Rais Syuriah PCI-NU Republik Arab ini menghimbau untuk menyelesaikan masalah ini di pengadilan. Tentunya, akan ada laporan keberatan dari pemerintah, dan ada juga pembelaan dari orang-orang yang diduga meresahkan masyarakat saat ini. Ia khawatir, takutnya nanti ketika ada organisasi islam yang lain juga akan segera dibubarkan tanpa dibuktikan secara hukum.

Fadlolan menambahkan, kalau Majelis Ulama Indonesi (MUI) pun belum pernah mengeluarkan fatwa kalau HTI itu sesat. Keputusan MUI itu belum memiliki kekuatan hukum. Hal itu adalah spirit negara untuk memberi nasihat atau rambu-rambu kepada masyarakat dan negara kalau ormas ini  ada indikasi.

“Seandainya HTI itu dianggap sesat, bukankah mereka tetap warga negara indonesia? yang mestinya masih bisa dirangkul atau diberi pembinaan,” imbuhnya.

Meskipun sejak awal masyarakat sudah merasa resah dengan jargon Khilafah Islamiyah. Namun negara tidak boleh membedakan antara warga negara atau antara semua organisasi.
“Ingin mendirikan negara di atas negara yang sudah berdaulat memang menjadi penyakit yang bertentangan dengan ideologi negara,” katanya.

Mantan Kepala Pusat Ma'had  al-Jamiah UIN Walisongo ini menegaskan pada Ormas atau masyarakat kalau HTI masih butuh pembinaan. Bila dikaji, sebenarnya mereka itu salah menerjemahkan saja di dalam membaca teks. Oleh karena itu, lanjut Fadlolan, HTI masih butuh binaan dari ormas-ormas yang sudah mapan seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

“Jika sudah tidak bisa dibina dengan baik, baru boleh dibinasakan lewat hukum,” pungkasnya.

Reporter   : M. Ulul Albab
Editor       : Ahmad Muhlisin

COMMENTS

Name

Aneka Jaya,1,Artikel,13,feature,9,fotografi,1,indepth,6,laporan,28,Lifestyle,3,Mahasiswa Kemalingan,1,ORSENIK 2017 UIN Walisongo,22,PBAK 2017,25,Profil UKM UIN Walisongo,15,Ramadan,3,sastra,13,Sastra budaya,1,sosok,8,UIN Walisongo,3,USIM,1,varia kampus,315,warta mahasiswa,1,
ltr
item
skmamanat.com: Ini Tanggapan KH.Fadlolan Soal Wacana Pembubaran HTI
Ini Tanggapan KH.Fadlolan Soal Wacana Pembubaran HTI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQFDsSfyk9qbv572US3MFvoha8aQz-oJo_6_u2eoEecqUdn_9ui9_hHmEzTuUijYSCf8eym5KuRmrkougXNqUqOjDRgycadZN6ub97vSQTXPcptqQ1lgBGM4lx0CV_tlb_FKM_3sCSM2xs/s640/Fadlolan+Musyaffa+Kepala+Pusat+Ma%2527had+al-jamiah+UIN+Walisongo.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQFDsSfyk9qbv572US3MFvoha8aQz-oJo_6_u2eoEecqUdn_9ui9_hHmEzTuUijYSCf8eym5KuRmrkougXNqUqOjDRgycadZN6ub97vSQTXPcptqQ1lgBGM4lx0CV_tlb_FKM_3sCSM2xs/s72-c/Fadlolan+Musyaffa+Kepala+Pusat+Ma%2527had+al-jamiah+UIN+Walisongo.jpg
skmamanat.com
http://skmamanat.blogspot.com/2017/05/ini-tanggapan-khfadlolan-soal-wacana.html
http://skmamanat.blogspot.com/
http://skmamanat.blogspot.com/
http://skmamanat.blogspot.com/2017/05/ini-tanggapan-khfadlolan-soal-wacana.html
true
933386080041432110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy